Menganalisa Psikotes Di Internet

Saat ini psikologi sangat dibutuhkan dalam segala bidang pekerjaan terutama pada bidang pekerjaan yang berbentuk perusahaan yang memerlukan kreativitas si kariawan agar perusahaan merauk banyak profit. Sangat dianjurkan bagi perusahaan yang ingin melakukan tes psikologi terhadap para karyawannya mengenai analisis karyawan atau seleksi karyawan atau pribadi dengan berbagai tujuan pekerjaan atau hanya sekedar ingin mengetahui potensi diri.

 

Psikotes adalah sebuah alat ukur untuk mengetahui kepribadian seseorang. Dengan tes ini kita dapat mengetahui kepribadian seseorang. Tes psikologi ini sudah sangat luas digunakan di banyak negara untuk maksud-maksud tertentu di berbagai bidang, misalnya bidang penelitian, pendidikan, militer, industri dan lain-lain. Sejak tahun 1972, tes psikologi ini telah mulai digunakan di Indonesia, setelah sebelumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan latar belakang sosial budaya di Indonesia serta lolos tes validasi yang dilakukan secara statistik. Jadi tes ini bukan sekedar tes yang meng-adopsi/sekedar menterjermahkan dari tes-tes yang ada di luar negeri. psikotest juga sangat bermanfaat untuk :

  1. Mengungkapkan berbagai corak kepribadian yang tersembunyi dan sukar untuk diketahui melalui wawancara atau pengamatan biasa sehari-hari.
  2. Menjelaskan masalah psikodinamik seseorang
  3. Mengetahui apakah seseorang itu menderita gangguan jiwa atau tidak

 

Menurut saya penggunaan psikotes yang tersedia di internet adalah hal yang sia-sia dan membohongi diri sendiri, dengan kita mengikuti psikotes yang sudah ada pun masih banyak yang terkadang suka curang dalam mengisi test tersebut dengan cara mencontek. Dengan adanya tes psikologi yang ada di internet ini sebagian besar yang akan melakukan test psikologi tersebut mungkin dapat belajar di internet karna menurut saya hal apa sih yang tidak tersedia di internet sekarang semua semakin praktis dan mudah dengan adanya internet bukannya tidak mendukung semakin canggihnya teknologi saat ini namun banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan internet sebagai hal-hal yang negativ atau bahkan merugikan negara. Jadi menurut saya jadilah diri anda yang apa adanya, pergunakan kesempatan sebaik mungkin, jadilah orang yang berbangga hati dan mensyukuri hal sekecil apapun dan jadilah orang yang baik agar negara kita semakin berkembang dan maju kalau bukan kita siapa lagi🙂

 

sumber: http://accuratehealth.wordpress.com/2010/10/06/manfaat-psikotes/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s