Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Perkembangan Manusia Pada Aspek Budaya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Perkembangan IPTEK yang demikian pesat telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Dengan berkembangnya IPTEK sering dianggap sebagai solusi dari permasalahan, sementara bagi sebagian orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka darikefanaan dunia. Dalam peradaban moderen yang muda terlalusering terhenyak oleh sisilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap umat manusia.

Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pola unsur keadilan. IPTEK tentu tak mengenal moral kemanusiaan oleh karena itu IPTEK tak pernah bisa menjadistandar kebenaran ataupun sousi dari masalah kemanusiaan, keuntungan IPTEK pada budaya bisa dilihat seperti meningkatnya rasa percaya diri, tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras. Ada juga dampak negatif dari IPTEK untuk budaya yaitu merosotnya moral di kalangan masyarakat khususnya remaja dan pelajar yang lebih memilih untuk sibuk dengan teknologi sekarang dibandingkan dengan mengisi waktu luang dengan hal yang lebih bermanfaat.

Kemajuan teknoloi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positive bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta berbagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s